Fenomena Langit Inggris Mau Runtuh

Fenomena Langit Runtuh Gegerkan Inggris  
Fenomena Holepunch Atau Fallstreak (Daily Mail)

Warga dikejutkan dengan penampakan awan yang seperti langit runtuh. Ada juga yang menilai penampakan itu seperti seseorang yang membuat sebuah lubang di awan.
 Sebuah fenomena alam yang aneh terlihat di langit Inggris pekan ini. Warga dikejutkan dengan penampakan awan yang seperti langit runtuh. Ada juga yang menilai penampakan itu seperti seseorang yang membuat sebuah lubang di awan.
Namun, para ahli di Met Office mengatakan lubang itu sebenarnya awan holepunch atau fallstreak. Fenomena atmosfer ini diyakini disebabkan oleh kombinasi campur tangan alam dan manusia.
Bagaimana caranya agar lubang fallstreak itu dapat terwujud? Caranya, awan sirus atau altokumulus harus mengandung air yang super dingin, yang tidak dapat membeku tanpa partikel kecil yang melekat padanya.
Seperti opini ilmiah tentang terbentuknya es di atmosfer. Ahli meteorologi yakin bahwa lubang itu tercipta karena sebuah pesawat terbang telah menembus awan dingin itu.
Hembusan udara yang diciptakan melalui baling-baling pesawat mendinginkan awan dengan cepat. Kemudian kristal es mulai terbentuk dan setelah pesawat sudah lewat. Lalu, kristal itu membentuk lubang di awan yang kadang-kadang bentuknya sangat besar.
Jika matahari menangkap partikel es pada sudut yang tepat, maka akan terjadi fenomena lain yang disebut phantom sun atau matahari bayangan. Phantom sun adalah suatu fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di langit. Seringkali pada cincin halo di sekeliling Matahari.
Nicole Maxey, dari Met Office mengatakan, awan holepunch terbentuk ketika bagian dari lapisan awan membentuk kristal es besar. Namun untuk membentuknya dibutuhkan air di awan yang super dingin, yakni air di bawah 0 derajat Celcius tapi belum beku.
"Tetesan air itu perlu partikel kecil, sebuah inti, untuk membekukan atau mendinginkannya di bawah -40 derajat Celcius," terang Maxey.
Saat pesawat melalui awan itu, udara di sekitarnya akan mengembang dan berubah dingin. "Perubahan suhu tersebut cukup untuk membekukan tetesan yang sangat dingin itu." (Ism, Sumber: Daily Mail)

0 comments:

Post a Comment