Komputer Nenek Moyang Apple Terjual Rp 11 Miliar


 Komputer Leluhur Apple Terjual Rp 11 Miliar

Apple-1 (www.huffingtonpost.com)

Relakah Anda mengeluarkan uang puluhan miliar untuk membeli komputer bekas namun masih berfungsi?
Berapa anggaran terbesar Anda untuk membeli sebuah komputer bekas, Rp 2 juta atau Rp 10 juta? Relakah Anda jika diminta mengeluarkan uang hingga Rp 11 miliar untuk sebuah komputer lama? Bagi pencari sejarah dari sebuah produk bersejarah, harga itu dianggap pantas dikeluarkan.
Belum lama ini, sebuah komputer antik yang masih berfungsi dilaporkan laku terjual US$ 905 ribu atau sekitar Rp 11 miliar dalam lelang di New York. Faktor yang membuatnya mahal adalah komputer jadul ini bermerek Apple-1 dan merupakan satu dari 64 unit yang diketahui masih tersisa saat ini.
Harga penawaran tahun ini mengalahkan rekor tertinggi bagi sebuah Apple-1 yang dibuat di Jerman tahun lalu.
Saat merangkai Apple-1 di garasi rumah keluarga Steve Jobs pada 1976, Steve Wozniak memang hanya membuat 50 unit. Saat ini dilaporkan leluhur Apple ini hanya tinggal tersisa 15 unit yang dipercaya masih berfungsi.
Mengutip laman Arabianbusiness, Kamis, 30 Oktober 2014, rumah lelang Bonham sebelumnya memperkirakan Apple-1 hanya akan laku terjual antara US$ 300.000 - US$ 500.000. Sang pembeli Apple-1 tersebut adalah organisasi Henry Ford yang dilaporkan akan memajangnya di sebuah museum.
"Steve Wozniak dan Steve Jobs telah meletakkan dasar-dasar teknologi yang benar-benar bisa merubah cara kita bekerja dan hidup," kata Patricia Mooradian, Presiden Henry Ford. "Apple-1 tidak hanya inovatif tapi artefak penting yang melandasi revolusi digital."
Tidak seperti komputer kebanyakan, perangkat kuno itu hanyalah sebuah motherboard dengan keyboard terbuat dari kayu, buku manual dan kaset untuk Apple-1. Ditambah dengan sebuah catu daya dan monitor antik merek Sanyo.
Mengingat sedikitnya komputer Apple-1 yang tersisa, harganya selalu tinggi di rumah-rumah lelang. Tahun lalu di Jerman, sebuah Apple-1 laku US$ 671,000, mengalahkan rekor sebelumnya US$ 640.000. Rumah lelang Sotheby di New York juga baru-baru ini melepas Apple-1 senilai US$ 374.500. (Ism)

0 comments:

Post a Comment